Tarian Lahbako

Tarian ini adalah tarian tradisional yang menggambarkan petani yang sedang menanam dan mengolah tembakau. Tembakau merupakan komoditi ekspor wilayah Jember selain kopi, karet dan kakao. Jember tidak hanya dikenal dari tembakaunya, namun juga keunikan budaya dan kekhasan Tarian Lahbako, suatu tarian yang disajikan untuk menyambut wisatawan mancanegara maupun domestik di Jember.

Tarian Lahboko adalah tarian tradisional masyarakat Jember. Nama tarian Lahbako ini berasal dari kata Lah dan Bako. Lah berarti mengolah dan bako berarti tembakau. Tarian ini merupakan tarian tradisional Jember yang menggambarkan proses penanaman dan pemanenan tembakau, mengingat kabupaten Jember adalah salah satu penghasil tembakau terbaik di Indonesia.

Kabupaten Jember adalah salah satu daerah penghasil tembakau terbesar dan terbaik di Indonesia. Tak heran, Jember pun mendapat julukan ‘kota tembakau’. Tradisi petani tembakau Jember mempunyai kebiasaan yang unik dan khas dalam menanam, mengolah tembakau sampai dengan proses pengepakan dengan memakai kostum dan busana yang menunjukkan aktifitas mereka. Hal itu menjadi suatu inspirasi bagi para seniman untuk diwujudkan menjadi tarian pengolahan tembakau yang dinamakan “Tari Lah Bako“. Tarian ini menjadi salah satu tarian tradisional masyarakat Jember.

Kota Jember
Hari Ini
Hujan Sedang
Temperatur
31°
Esok Hari
Hujan Sedang
33°
Contact Us

show/hide

© 2014-2018 Jember Information Centre. All rights reserved.
Jember Information Centre
Gedung Bumi Mandiri
Tower 2 Lt. 9
Jl. Panglima Sudirman No. 66-68
Surabaya 60271
Jawa Timur-Indonesia
Twitter
Facebook
Tag Clouds
Jember Wisata Pantai Indonesia Jawa Timur Carnaval