Situs Duplang

Situs Duplang yang berlokasi di Dusun Duplang, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa merupakan situs utama di Kabupaten Jember. Situs ini merupakan hasil peninggalan jaman megalitik berada di areal seluas 12 Ha dengan lokasi ketinggian 270 – 290 meter dpl.

Hasil inventarisasi menunjukkan terdapat 69 buah batu kenong, 6 buah dolmen, 2 buah batu menhir, 1 lumpang batu dan bekas kubur peti batu.

Wilayah Kabupaten Jember memang masih banyak situs purbakala yang tersebar di beberapa titik seperti di Dusun Duplang Desa Kamal Arjasa yang memiliki situs peninggalan prasejarah dari masa zaman megalitikum.

Desa Kamal, Kecamatan Arjasa Jember diyakini adalah sebuah desa purba yang sudah berdiri sejak lama. Ini menyebabkan akhirnya banyak di temukan peninggalan zaman purba di desa tersebut. Paling tidak ada tiga situs diantaranya Situs Klanceng, Situs Kendal, dan Situs Duplang yang saat ini dirawat oleh Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember.

Situs Duplang memiliki beberapa koleksi peninggalan masa megalitikum diantaranya kubur batu, batu kenong, dan mehir. Saat di kunjungi oleh Komandan Kodim 0824 Jember Letkol. Arh Wirawan Yanuartono bersama Camat Arjasa Nanang Suryadi dan Kepala Desa Kamal Ahmad Sakip Zaenori, di jelaskan oleh Darman, Juru Pelihara Situs Duplang bahwa situs ini diperkirakan sudah ada sejak pada abad 4 Masehi ini, membuktikan bahwa di Desa Kamal sudah ada kehidupan manusia purba yang hidup berkelompok, menetap, dan bercocok tanam.

Darman juga menjelaskan bahwa situs Duplang juga sering dikunjungi oleh peneliti dan pelajar untuk mempelajari sejarah, terutama masa-masa pra sejarah, yang juga di benarkan oleh Kepala Desa Kamal. Wirawan Yanuartono yang menyempatkan diri mengunjungi situs Duplang saat pelaksanaan karya bhakti Kodim 0824 Jember di Desa Kamal juga mengaku cukup tertarik dengan adanya situs Duplang di Desa Kamal ini.

“Ini sebetulnya adalah bukti, bahwa peradaban di Indonesia sudah ada lebih dulu dari belahan dunia lain, sehingga pengetahuan dan pendidikan tentang sejarah terutama masa pra sejarah juga penting bagi siswa sekolah, agar mereka tahu bahwa bangsa Indonesia ini sudah ada sejak ribuan tahun yang silam, situs ini adalah salah satu buktinya,” kata Wirawan Yanuartono mengomentari Situs Duplang.

Wirawan juga melontarkan bahwa Situs Duplang desa Kamal ini bisa menjadi potensi wisata sejarah dan wisata pendidikan, karena sudah tidak perlu melihat dari buku lagi, akan tetapi bisa langsung melakukan kunjungan lapangan ke situs-situs yang tersebar di Desa Kamal Arjasa ini.

Sumber : www.titik0km.com

Kota Jember
Hari Ini
Hujan Sedang
Temperatur
31°
Esok Hari
Hujan Sedang
33°
Contact Us

show/hide

© 2014-2018 Jember Information Centre. All rights reserved.
Jember Information Centre
Gedung Bumi Mandiri
Tower 2 Lt. 9
Jl. Panglima Sudirman No. 66-68
Surabaya 60271
Jawa Timur-Indonesia
Twitter
Facebook
Tag Clouds
Jember Wisata Pantai Indonesia Jawa Timur Carnaval