Kedelai Edamame

Edamame bukanlah jenis tanaman kacang-kacangan, melainkan masuk ke dalam kategori sayuran (green soibin vegetable). Edamame yang dikategorikan sebagai healthy food, dijadikan sebagai sayuran, camilan kesehatan serta digunakan sebagai bahan baku produk kecantikan kulit.

PT Mitratani Dua Tujuh (Mitratani) berhasil membudidayakan kedelai berukuran jumbo selain unggul dalam kualitas dan ukuran, kandungan protein lebih tinggi ketimbang kedelai biasa. Produsen kedelai edamame berkualitas ekspor PT Mitra Tani Dua Tujuh mengincar pendapatan sebesar Rp 121 miliar hingga akhir tahun ini. Pendapatan perusahaan yang berbasis di Jember, Jawa Timur, ini mayoritas ditopang oleh pasar ekspor, terutama ke Jepang.

"Dari target pendapatan Rp121 miliar tersebut, Rp 102 miliar di antaranya berasal dari ekspor ke Jepang. Tahun ini kami menargetkan ekspor sebanyak 5.593 ton edamame, naik dari tahun lalu 5.238 ton. Sejauh ini kami on the right track untuk mencapai target," ujar Direktur Mitra Tani, Wasis Pramono. Mitra Tani Dua Tujuh adalah perusahaan gabungan dari BUMN PT Perkebunan Nusantara X dan PT Bahana Artha Ventura.

Adapun untuk pasar dalam negeri, Mitra Tani tahun ini menjual 1.360 ton edamame dan okra, meningkat dari tahun lalu sebesar 1.317 ton.

Bisnis inti Mitra Tani adalah sayuran beku dengan fokus ekspor ke Jepang. Komoditas yang dihasilkan adalah kedelai edamame, mukimame, edatski, dan okra. Produksi terbesar adalah edamame yang merupakan penganan yang sangat diminati pasar ekspor. Untuk pasar ekspor, 80% ditujukan ke Jepang, dan sisanya ke Amerika Serikat, Eropa, dan Singapura.

Saat ini, jumlah konsumen besar untuk penjualan ekspor adalah 22 konsumen yang merupakan perusahaan dan distributor makanan besar di Jepang dan sejumlah negara lainnya. Adalah di dalam negeri, Mitra Tani mempunyai 21 konsumen besar yang kemudian didistribusikanke supermarket, restoran, kafe, dan hotel berbintang di banyak kota besar.

"Kedelai edamame ini banyak diminati oleh masyarakat Jepang karena dikenal kaya nutrisi, non-kolesterol, dan bebas bahan kimia," kata Wasis.

Dia mengatakan, produk edamame kini juga semakin diminati pasar lokal seiring pertumbuhan jumlah kelas menengah di Indonesia yang cukup tinggi. "Kelas menengah adalah penyuka produk-produk pertanian berkualitas tinggi. Edamame dinilai mewakili produk pertanian tersebut, sehingga edamame banyak disajikan di restoran dan hotel berbintang," jelasnya.

Wasis menambahkan, saat ini luas lahan panen mencapai 1.100 hektar yang tersebar di Kabupaten Jember. Mitra Tani juga mempunyai lahan pembenihan di Bondowoso, Jawa Timur.

Selain memasarkan produk edamame dan okra, Mitra Tani juga mengembangkan pemasaran produk bumbu siap pakai dan sayuran siap makan. Perusahaan ini telah memasok aneka bumbu dan sayur siap pakai ke PT Freeport Indonesia dengan nilai mencapai belasan milliar rupiah setiap tahunnya.

Wasis mengatakan, pihaknya memroduksi sekitar 64 bumbu dan sayur siap pakai, antara lain bumbu rendang, bumbu rujak, bumbu rica-rica, bumbu sambal goreng dan masih banyak aneka bumbu lainnya. Sementara untuk sayur dan makanan kecil beku meliputi sayur sop, cap cay, perkedel, masih banyak lainnya.

"Selama ini, kami mengirim aneka bumbu dan sayur ke PT Freeport. Alhamdulillah, tiap tahun jumlahnya meningkat terus," ungkapnya.

Sejak dua tahun lalu, Mitra Tani sudah mengirim ke PT Freeport Indonesia dengan omzet  Rp 6 milliar untuk tahun 2011 dan kini meningkat 200%.

"Untuk tahun 2013, kurang lebih omzet produk bumbu siap pakai sekitar Rp 11 milliar. Dalam dua bulan saja November-Desember 2013 ini saja kami dapat pesanan 141 ton bumbu dan sayuran siap pakai dari Freeport," sebutnya.

Wasis menambahkan, prospek pasar bumbu siap pakai cukup menjanjikan. "Kami mencoba untuk menawarkan ke perusahaan pertambangan dan pengeboran minyak milik asing. Di sana produk bumbu dan sayur beku siap pakai kami tinggal dimasak," ujarnya.

Kota Jember
Hari Ini
Hujan Sedang
Temperatur
31°
Esok Hari
Hujan Sedang
33°
Contact Us

show/hide

© 2014-2018 Jember Information Centre. All rights reserved.
Jember Information Centre
Gedung Bumi Mandiri
Tower 2 Lt. 9
Jl. Panglima Sudirman No. 66-68
Surabaya 60271
Jawa Timur-Indonesia
Twitter
Facebook
Tag Clouds
Jember Wisata Pantai Indonesia Jawa Timur Carnaval