Events
Jember Car Free Day

Setiap hari Minggu, mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB, kawasan sekitar alun-alun Jember akan menjadi pusat refreshing dan pusat olah raga masyarakat Jember. Karena pada jam tersebut, kawasan jantung kota Jember dipastikan akan bebas dari bisingnya kendaraan bermotor.

“Ini adalah tindak lanjut dari program Polri,” kata I Putu Budiada, Kabid Lalin Dishub Jember.

Awalnya, Car free day dilaksanakan oleh Satlantas Polres Jember pada tahun 2010, namun tidak berkelanjutan. Melalui inisiatif Bupati berserta seluruh SKPD Jember akhirnya Car free Day akan dilaksanakan di wilayah jantung kota Jember secara terus-menerus pada seatiap hari Minggu.

“Untuk mengurangi polusi dan pembelajaran kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan,” imbuh Putu.

Menindaklanjuti program tersebut, Dinas Perhubungan Kabupaten Jember selaku leading sector, sudah melakukan koordinasi dengan Satpol PP, Satlantas Polres Jember, Humas Pemkab Jember, PU. Cipta Karya, Camat Kaliwates, Lurah Kepatihan dan pengurus Masjid Al- Baitul Amin pada (18/2) kemarin.

Diharapkan, seluruh instansi tersebut bisa bersinergi untuk mewujudkan terlaksananya car free day. Dijelaskan, dalam pelaksanaan car free day, semua jalan menuju jantung kota akan ditutup total. Sehingga, tidak akan ada kendaraan yang bisa masuk ke area jantung kota.

Kemudian, seluruh PKL yang tadinya berada di Jl. Kartini, akan ditata rapi di Jl. Sultan Agung. “PKL yang menurut data ada 280, akan ditata rapi di jalan Sultan Agung, agar menjadi pemandangan indah bagi setiap pengunjung,” jelasnya.

Car free day dilaksanakan dari pukul 05.00 hingga pukul 10.00 WIB, pada setiap hari Minggu. Jadi, sebelum pukul 10.00 WIB, para PKL yang berada di sebagian Jl. Sultan Agung harus membereskan seluruh dagangganya. Sehingga tepat pada pukul 10.00 WIB, jalan bisa dipergunakan sebagaimana biasanya. “PKL harus sudah bersih pada jam sembilan, kemudian jalan tersebut akan dibersihkan oleh Cipta Karya,” tambah Putu.

Iptu Atang Suparta, Kaur. Bin. Ops. Satlantas Polres Jember sangat optimis rencana tersebut bisa direalisasi dengan baik. Pihaknya mengaku sudah siap untuk mengatur peralihan jalur pada saat kegiatan berlangsung. “Jalan menuju jantung kota akan ditutup, dan seluruh kendaraan akan dialihkan,” katanya.

Dijelaskan, ada delapan ruas jalan yang akan ditutup pada jam-jam tersebut. Namun, bagi warga yang menuju ke gereja atau ke stasiun, tetap boleh lewat. “Kita tidak kaku dalam pelaksanaannya,” kata Atang.

RENCANA PENUTUPAN DAN PENGALIHAN ARUS LALIN

1. Simpang 4 SMP 2
Diarahkan ke Jl. Wijaya Kusuma dan Jl. Bengawan solo / Ciliwung. Kecuali R2 yang akan parkir pada sebagian badan jalan PB Sudirman (Depan Lapas). Sesuai arah lalu lintas.

2. Simpang 3 Pos Polisi 90 Jl. Sultan Agung
Diarahkan ke Jl. Diponegoro dan Jl. Gatot Subroto. Kecuali R2 yang akan parkir pada sebagian badan jalan Sultan Agung. Sesuai arah lalu lintas.

3. Simpang 4 Jl. Kartini
Ditutup untuk kendaraan R4 kecuali Jemaat Gereja dan R2 yang akan parkir pada sebagian badan jalan Kartini dan Jl. Dewi Sartika. Sesuai arah lalu lintas.

4. Simpang 3 Panti Siwi
Ditutup untuk semua jenis kendaraan. Arus lalin diarahkan melalui Jl. Dewi Sartika.

5. Simpang 3 Hotel Nusantara.
Ditutup untuk semua jenis kendaaraan yang akan parkir pada area parkir Masjid Jamik. Arus lalin diarahkan ke Jl. Mawar / Wijaya Kusuma.

AREA PARKIR R2

1.  Sebagian badan jalan PB Sudirman (SMP 2 s/d Lapas.
2. Sebagian badan jalan Kartini(Simpang 4 Polres s/d Panti Siwi).
3. Sebagian badan jalan Sultan Agung (Simpang 3 Pos 90 s/d Simpang 3 Dahlok).
4. Sebagian badan jalan Citarum (Sebelah BRI).
5.  Simpang 3 Jl. Fatahilah (Gang Dahlok)
Berfungsi Sebagai jalur keluarnya kendaraan R2 yang parkir pada sebagian badan jalan Sultan Agung.
6. Simpang 3 Belakang BRI (Jl. Citarum)
Ditutup untuk kendaraan R4 kecuali R2 yang akan parkir pada sebagian badan jalan Citarum.
7.  Simpang 3 Jl. Dewi Sartika / Gatot Subroto
Ditutup Total untuk semua jenis kendaraan karena diberlakukan arus satu arah.

AREA PKL

Pedagang Kaki Lima (PKL) ditempatkan pada sebagian ruas Jl. Sultan Agung (Simpang 3 Dahlok s/d JPO depan Masjid Jamik).

Contact Us

show/hide

© 2014-2018 Jember Information Centre. All rights reserved.
Jember Information Centre
Gedung Bumi Mandiri
Tower 2 Lt. 9
Jl. Panglima Sudirman No. 66-68
Surabaya 60271
Jawa Timur-Indonesia
Twitter
Facebook
Tag Clouds
Jember Wisata Pantai Indonesia Jawa Timur Carnaval